ZOZ:FINAL HOUR

15-player Adventure Zombie Game
title
2023.01.11

[Panduan Pemula] Cara bertahan untuk menang

 

Kepada Tentara bayaran, selamat datang di kota zombie San Yager. Misi mu cukup sederhana: kumpulkan Kristal Darah, panggil helikopter dan lakukan evakuasi. Sepertinya cukup mudah kan? tapi sebenarnya tidak sesederhana itu.
Panduan ini adalah hal krusial yang kamu perlukan untuk bertahan dan menyelesaikan misi, saya, Victoria, mungkin adalah satu-satunya orang yang mau memberitahukan semua hal ini kepadamu——Semua tentara bayaran lain bisa jadi adalah musuhmu, dan terkadang kamu juga harus satu tim dengan mereka. Sekarang biar saya jelaskan panduan untuk bertahan dan menang.

[Catatan: Mekanisme yang dijelaskan di sini berlaku di Open Beta (hingga pembaruan pada 3.11.2022) dan akan disesuaikan di versi mendatang.]

 


Fase Persiapan

Setelah misi dimulai, kamu akan memasuki San Yager dengan helikopter bersama dengan para tentara bayaran lainnya. Inilah fase persiapan, di mana kamu bisa melihat peta dan membeli perlengkapan seperti senjata, armor, skill, suplai dan talenta sebelum memasuki medan tempur---- jangan khawatir, Shelter telah membiayai misi ini dan memberikan anggaran di awal untukmu. Terkadang akan ada diskon dan dana ekstra, tapi sebelum memasuki San Yager pertimbangkan dengan seksama karena anggaranmu terbatas.

Setelah mengecek peta dan memilih perlengkapan, kamu bisa terbang ke  San Yager dengan helikopter dan memilih lokasi pendaratanmu. Ada beberapa area yang ada Kristal Darah atau Suplai Bermutu, sementara di area lain hanya ada Suplai biasa. Inilah saatnya untuk menerapkan rencanamu —— Antara mengumpulkan Kristal Darah dan memanggil helikopter evakuasi saja, atau persenjatai dirimu dengan perlengkapan tingkat tinggi dan bajak helikopter tentara bayaran lainnya, pilihan ada di tanganmu.


Jalan menuju Kemenangan

Sebelum melihat San Yager lebih dekat, berikut adalah panduan keselamatan untuk menuju kemenangan, pada dasarnya, ada 6 hal yang perlu selalu kamu ingat: 
Satu, persenjatai dirimu dengan apa pun yang bisa kamu temukan, hal ini akan meningkatkan kesempatanmu untuk selamat;
Dua, kenali siapa musuhmu, ini termasuk mutan spesial yang ada di antara para zombie dan tentara bayaran lainnya.
Tiga, kumpulkan Kristal Darah, karena inilah persyaratan untuk bisa naik helikopter evakuasi;
Empat, memanggil evakuasi, penantian helikopter evakuasi ini akan menjadi momen paling intens sepanjang misimu;
Lima, membajak adalah salah satu opsi yang bisa di ambil saat ada pemain lain memanggil evakuasi.
Enam, ada cara lain untuk menang, yaitu dengan menjadi zombie.
Sekarang, saya akan menjelaskan peraturan ini lebih rinci, dan coba perhatikan dengan seksama. 

 

 

1. Persenjatai Dirimu

- Senjata dan Armor
Di medan tempur kamu bisa membawa 2 senjata laras panjang dan satu senjata melee, dilengkapi dengan rompi dan helm sebagai armor. semua senjata dan armor dapat ditemukan dengan membuka kotak, lemari, bagasi dan drops zombie, semua titik sumber daya yang belum terjamah akan di tandai di peta kecil. Selain itu kamu juga bisa membeli senjata dari toko di Rumah Aman.
Senjata dapat diupgrade saat kamu sudah mengumpulkan cukup material modifikasi. Ada dua pilihan upgrade yang dapat kamu pilih. Senjata Superior ——AK-47m bisa ditemukan saat membuka kotak suplai bermutu di blok tertentu.
Armor punya beberapa level, kamu bisa mengganti armor dengan level yang lebih tinggi untuk perlindungan HP yang lebih baik, dengan kapasitas amunisi dan perban dan dapat mengurangi damage tembakan kepala lebih baik.
Kamu bisa mencoba senjata dan armor di Lapangan Tembak saat di  Pangkalan Tentara Bayaran.
Penjelasan lebih lanjut tentang senjata: http://www.gamezoz.com/news/strategy/weapons/20220915/37934_1029306.html
- Skill
Hanya 2 skill yang bisa kamu manfaatkan selama pertempuran. Semua jenis Skill dapat ditemukan dengan membuka kotak, bagasi, lemari, dan drop zombie. kamu juga bisa membelinya di toko yang ada di Rumah Aman.
Kamu juga bisa mencoba skill di Lapangan Tembak saat kamu di Pangkalan Tentara Bayaran.
Penjelasan lebih lanjut tentang Skill: http://www.gamezoz.com/news/strategy/weapons/20221011/37934_1046322.html
- Talenta
Hanya 6 talenta yang bisa kamu manfaatkan selama pertempuran. Semua talenta bisa ditemukan dengan membuka kotak, bagasi, lemari, dan drop zombie. Kamu juga bisa memilih satu dari tiga pilihan saat membuka koper.
Penjelasan lebih lanjut tentang Talenta: http://www.gamezoz.com/news/strategy/skills/20220915/37935_1037220.html
- Suplai dan Zees
Kapasitas suplai bergantung pada rompi yang kamu pakai, sementara untuk Zees tidak ada batasannya. Gunakan perban untuk memulihkan HP dan Kardiotonik untuk membangkitkan diri saat kamu dijatuhkan lawan. Gunakan Zees untuk membeli senjata atau skill dari toko di Rumah Aman atau untuk merefresh daftar barang yang ada di toko.
- Rumah Aman
Setiap blok memiliki Rumah Aman yang dapat kamu gunakan untuk menyembuhkan diri, membeli senjata, skill dan mengamati lokasi tentara bayaran dengan mesin intelijen. Rumah Aman merupakan zona aman di mana siapa pun dilarang menggunakan senjata dan semua zombie tentara bayaran akan segera dieliminasi, kecuali tombol di luar Rumah Aman telah ditarik. 

Saat kamu dijatuhkan lawan, selain menggunakan kardiotonik, kamu juga bisa mencari rumah aman terdekat untuk menyembuhkan dirimu di ranjang medis. Tapi saat kamu tereliminasi, kamu bisa memilih Rumah Aman untuk bangkit dan kembali ke medan tempur.

 

 

2. Kenali Siapa Musuhmu

Kini San Yager telah sepenuhnya menjadi kota zombie, tidak ada hewan atau manusia yang terdeteksi hidup oleh kami di kota ini. Maka, mulailah menembak saat kamu melihat sesuatu yang sepertinya hidup.
Waspadalah terhadap mutan spesial —— mereka lebih kuat dari pada zombie biasa dan memiliki kemampuan yang lebih membahayakan, kami sarankan kamu untuk menghindari mereka atau segera hujani mereka dengan peluru.
Penjelasan lebih lanjut tentang Mutan Spesial: http://www.gamezoz.com/news/strategy/others/20221020/37936_1047646.html
Sementara itu, para tentara bayaran lain bisa jadi adalah sainganmu,  karena waktu misi dan kristal darah sangat terbatas dan siapa pun yang bisa melakukan evakuasi adalah pemenangnya. Sebelum memulai misi kamu bisa memilih untuk bermain solo atau membentuk tim dengan para tentara bayaran lain. Saat kamu bertempur solo, kamu harus memasuki medan perang sendiri bersama 13 tentara bayaran lainnya, dan saat membentuk tim duo, maka akan ada 7 tim yang akan bersaing untuk menang. 

 

 

3. Mengumpulkan Kristal Darah

- Melakukan ekstraksi dari Incubator
Cara pertama untuk mendapatkan Kristal Darah adalah dengan melakukan ekstraksi dari Incubator —— Zombie spesial yang terkristalisasi sepenuhnya, dan tentunya, yang sudah mati sepenuhnya. Kelebihannya adalah kamu bisa memastikan Kristal Darah pasti ada di tanganmu dan HP mu akan meningkat, dan sementara kekurangannya adalah kamu bisa jadi target pemain lain, karena peta kecil tingkat lanjut akan menunjukkan lokasi setiap Kristal Darah, itu artinya saat kamu membawanya lokasimu juga akan terlihat oleh pemain lain. 

Incubator dan Kristal Darah yang terjatuh akan memancarkan sinar merah yang terang, dan akan sangat mudah terlihat. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini dan menjatuhkan Kristal Darah yang telah kamu kumpulkan dan menggunakannya sebagai umpan untuk tentara bayaran lain.

- Merampas Kristal Darah Tentara Bayaran Lain
Misi tentara bayaran lain juga mengumpulkan Kristal Darah, jadi cara kedua untuk mendapatkan Kristal Darah adalah dengan merampasnya dari tentara bayaran lain, itu artinya kamu harus melakukan pertempuran langsung dengan mereka. Kamu bisa melihat peta kecil untuk mencari mendeteksi mereka yang membawa Kristal Darah --- karena bagaimanapun Kristal Darah tidak akan berjalan sendiri.

 

 


4. Memanggil Evakuasi

- Kumpulkan Kristal Darah yang dibutuhkan
Untuk memanggil evakuasi, kamu perlu mengumpulkan Kristal Darah yang dibutuhkan. Ada tiga kesempatan untuk evakuasi selama misi berlangsung, dan perlu 5 Kristal Darah untuk bisa naik ke helikopter

- Pilih tempat yang aman untuk memanggil helikopter evakuasi
Saat kamu sudah mengumpulkan Kristal Darah yang dibutuhkan, kamu bisa memasang pemancar sinyal untuk memanggil helikopter evakuasi. Namun helikopter memerlukan waktu 4 menit untuk tiba. Selama 4 menit ini kamu harus tetap aman sampai helikopter tiba agar bisa melakukan evakuasi. Pemilihan tempat yang tepat untuk memanggil evakuasi sangatlah penting -- Kamu bisa memilih tempat lebih tinggi yang lebih mudah dipertahankan, seperti atap dan menara lonceng, atau pasang pemancar langsung di area terbuka lalu sembunyi untuk menembak tentara bayaran lainnya. Selain itu, saat kamu menemukan pemancar dari tentara bayaran lain, kamu bisa mendekatinya dan menghancurkannya untuk menghentikan sinyal evakuasi mereka. 

- Amankan suplai evakuasi
Saat menantikan evakuasi, beberapa suplai akan dijatuhkan ke zona sinyal. Berhati-hatilah karena suplai ini akan menarik perhatian tentara bayaran lainnya, jadi waspadalah saat mengamankan suplai ini.

- Pengecekan Kristal Darah saat Naik
Ketika helikopter sampai ke titik evakuasi, butuh waktu beberapa detik untuk lingkaran evakuasi bisa tersedia dan kamu harus memasuki lingkaran itu.  

Lalu Perlu waktu beberapa detik lagi untuk pengecekan Kristal Darah. Jika Kristal Darahmu kurang, maka kamu tidak akan bisa naik helikopter. 

Sementara itu, tentara bayaran lain masih bisa menyerangmu, mengambil Kristal Darah dan membajak helikopter. jadi, jangan pernah lengah sampai kamu berhasil melakukan evakuasi! 

 

 


5. Pembajakan: Sembunyi dan Serang

Momen di mana helikopter evakuasi dipanggil akan selalu menjadi momen paling intens sepanjang misi —— Akan jadi akan menjadi menit-menit yang lebih panjang panjang apalagi jika kamu yang memanggil helikopter, karena pada saat ini semua tentara bayaran lain akan menuju ke di titik evakuasi untuk menghentikanmu. Saya melihat banyak tentara bayaran yang mengira dirinya bisa berhasil melakukan evakuasi, tapi akhirnya terbunuh sesaat hampir naik ke helikopter, dan akhirnya memberikan kesempatan evakuasi untuk si pembajak. Kamu juga bisa memilih untuk menjadi orang yang menyergap tentara bayaran lain dan merebut kemenangan dari mereka. Singkat kata, ini adalah momen penting untuk semua orang. 

Kenapa harus membajak?
Perlu Kristal Darah yang cukup untuk melakukan evakuasi, jadi merampasnya dari tentara bayaran lain yang sudah memanggil Kristal Darah akan mempermudah untuk mengumpulkannya agar bisa melakukan evakuasi lebih cepat. terlebih lagi, di setiap pertempuran hanya ada 3 kesempatan evakuasi, melakukan intervensi saat pemain lain melakukan evakuasi juga bisa meningkatkan kesempatanmu untuk menang.

Cara Membajak
Ide 1: Cari tempat persembunyian di mana kamu bisa mengintai titik evakuasi dan menyergap para tentara bayaran yang melakukan evakuasi sebelum mereka pergi.
Ide 2: Gunakan Skill seperti   
Serangan yang ditargetkan, Menara MG atau Bom Molotov untuk menghalangi musuh menuju ke titik evakuasi.

Cara Melawan Pembajakan
Cara 1: Jatuhkan Kristal Darah dan gunakan sebagai umpan.
Cara 2: Gunakan Skill seperti Granat Asap, Perisai Mekanik atau  
Proyeksi Holografi dan terus bergeraklah untuk menghindari gangguan saat evakuasi.

dan tentu saja, masih banyak cara lain untuk membajak dan melawan pembajakan, kamu bisa mencoba cara lain juga. 

 


6. Menjadi orang lain, Menjadi Berbeda

Apa kamu masih ingat dengan hal yang saya sampaikan sebelumnya tentang bangkit di Rumah Aman setelah tereliminasi? Itu bukan berarti kamu akan selalu kembali sebagai manusia. Saat kamu tereliminasi sebanyak 6 kali, mutasi tidak lagi bisa dihentikan dan kamu akan berubah menjadi tentara bayaran zombie dengan kemampuan untuk mendeteksi tentara bayaran manusia di sekitarmu.

Menurut riset lapangan kami, tentara bayaran yang sudah berubah tidak bisa lagi menggunakan item yang ada di medan tempur, tapi akan menjadi lebih kuat dan memiliki stamina tak terbatas untuk berlari cepat, melompat lebih tinggi dan memberikan damage sangat tinggi dengan serangan melle; selain itu mereka juga bisa berevolusi dan menguasai beberapa skill yang mematikan, memberikan damage ke pemain lain akan mempercepat evolusinya. 

Sementara itu, mereka tidak bisa saling melukai, karena hanya memiliki satu tujuan yaitu membunuh tentara bayaran manusia sebanyak mungkin—— itulah yang menjadi persaingan mereka, karena hanya 3 pembunuh tentara bayaran manusia terbanyak yang akan keluar sebagai pemenang. 

Penjelasan lebih lanjut tentang skill Tentara Bayaran Zombie: http://www.gamezoz.com/news/strategy/skills/20220916/37935_1035193.html
 
[Catatan: Di mode Solo, ketika pemain dijatuhkan, mereka juga bisa memilih untuk bermutasi menjadi tentara bayaran zombie dengan menekan tombol mutasi meski belum mati sebanyak 6 kali. Di mode Duo, saat pemain terbunuh 6 kali, mereka akan memasuki perspektif penonton, untuk mengamati teman setimnya; saat teman setimnya sudah terbunuh sebanyak 6 kali, mereka berdua akan berubah menjadi Tentara Bayaran Zombie, yang satu akan bangkit langsung di tempat dia terbunuh, yang lain di titik bangkit tentara bayaran zombie terdekat.
 

Satu lagi, kamu bisa mengikuti Facebook (https://www.facebook.com/ZOZFinalHour) dan bergabung ke Discord server (http://discord.gg/EncGWSEWbs) kami untuk mendapatkan info terbaru, ngobrol dengan tentara bayaran lain dari seluruh dunia dan memberi kritik saran untuk kami. Dukungan mu adalah penyemangat untuk kami!
Sementara hanya Itu yang bisa saya sampaikan untukmu sebelum misi dimulai. Sekarang bersiaplah, nikmati pertempuran ini dan jadilah pemenang.
Semoga beruntung di San Yager! 
 
Salam,
Victoria